E-RECALLSERI (E-RESERVASI, CALL CENTRE & SELF REGISTRATION) TERINTEGRASI

E-RECALLSERI (E-RESERVASI, CALL CENTRE & SELF REGISTRATION) TERINTEGRASI

Inovasi ini berawal dari keluhan masyarakat terkait dengan pelayanan pasien di poliklinik rawat jalan. Banyak pasien
yang mengeluhkan akan lamanya proses yang harus dilewati sejak antri di mesin antrian, loket pendaftaran,
poliklinik dan pada saat proses pengambilan obat di apotek. Melalui inovasi ini, 4 (empat) tahapan antrian pasien
mulai dari mesin antrian, loket pendaftaran, poliklinik dan apotik (antri obat) akan terpangkas sendirinya menjadi 2
tahapan antrian yaitu hanya di poliklinik dan farmasi.
Beberapa keunggulan inovasi ini dibandingkan inovasi sejenis lainnya antara lain:

  1. Sudah terintegrasi dengan SIMRS RSUD Kota Mataram;
    Aplikasi pendaftaran online sudah banyak rumah sakit yang menerapkannya, akan tetapi aplikasi pendaftaran online
    yang langsung terintegrasi dengan SIMRS masih terbatas. Ketika aplikasi pendaftaran online RS belum terintegrasi
    dengan SIMRS, fungsi pendaftaran online hanya terbatas pada mengganti fungsi mesin antrian (mengambil nomor
    antrian untuk di loket pendaftaran) dimana pasien tetap harus antri di loket pendaftaran. Akan tetapi berbeda
    dengan Aplikasi Pendaftaran Online yang telah terintegrasi dengan SIMRS, dimana pasien dapat langsung menuju
    poliklinik tujuan tanpa harus antri di loket pendaftaran.
  2. Telah bridging dengan BPJS sehingga sangat memudahkan pasien rujukan dari FKTP;
    Sebagian besar jumlah pasien RSUD Kota Mataram merupakan pasien BPJS. Oleh karena itu, maka aplikasi yang
    baik merupakan aplikasi yang mampu mengakomodir kepentingan mayoritas pelanggan (pasien). Aplikasi ini
    mampu mendeteksi apakah rujukan pasien masih berlaku atau tidak secara otomatis (karena telah bridging)
    sehingga mempermudah pasien rujukan dari FKTP. Jangan sampai pasien sudah datang ke RS untuk berobat akan
    tetapi terpakasa harus pulang/balik lagi ke FKTP karena masa rujukan habis.
  3. Aplikasi tersedia di website dan HP android;
    Aplikasi ini tersedia dalam versi website (web based) dan android sehingga mampu menjawab kebutuhan mayoritas
    pengguna. Bagi masyarakat yang menggunakan HP berbasis IOS, maka dapat memanfaatkan fitur versi web yang
    sudah tersedia di website RSUD Kota Mataram.
  4. Pasien dapat mendaftar di semua poliklinik sesuai jam yang dipilih (selama belum diambil oleh pasien lain);
    Aplikasi ini memberikan banyak kemudahan dimana pasien dapat memilih ke poliklinik manapun sesuai
    ketersediaan waktu masing-masing pasien.
  5. Pasien tidak perlu antri di mesin antrian dan loket pendaftaran, melainkan langsung ke poliklinik tujuan;
    Pasien yang sudah memanfaatkan aplikasi ini dapat langsung ke poliklinik sesuai jam yang dipilih tanpa harus ke
    loket pendaftaran (kecuali bagi pasien baru, wajib ke loket pendaftaran untuk validasi identitas diri).
  6. System telah dirancang lebih mudah dengan integrasi slot pasien online dan pasien manual;
    Ini merupakan salah satu keunggulan aplikasi ini. Integrasi slot berdampak pada keteraturan pelayanan pasien
    dimana slot pasien online dan manual tidak akan pernah bentrok satu sama lain karena sudah disetting by system.
    Slot pasien online yang tidak terisi, maka secara otomatis akan berubah menjadi slot pasien manual keesokan
    harinya.
  7. Pasien yang memiliki HP jadul dan atau yang tidak memiliki HP dapat difasilitasi melalui Call Centre yang telah
    disediakan.
    Bagi pasien yang hanya memiliki HP jadul (hanya bisa telp dan SMS), maka dapat melakukan SMS atau telp ke
    petugas Call Centre yang telah disediakan RS agar dibantu didaftarkan. Petugas akan mendaftarkan pasien dan
    mengirimkan kode reservasi ke pasien sebagai bukti bahwa pendaftaran online sudah berhasil. Untuk masyarakat
    yang tidak memiliki HP dapat meminjam HP tetangga atau dating ke RS 1 hari sebelumnya agar dibantu oleh
    petugas RS.
  8. Pasien rujukan dari FKTP yang langsung ke rumah sakit pada hari yang sama dapat menggunakan fasilitas Self
    Registration yang telah disiapkan tanpa harus antri di loket pendaftaran;
    Khusus untuk kasus seperti ini, maka pasien dapat langsung menggunakan fasilitas Self Registration di mesin
    canggih yang sudah disiapkan RS. Melalui fasilitas ini, pasien tidak perlu lagi antri di loket pendaftaran.
    Inovasi ini telah terbukti membawa banyak manfaat baik bagi pasien sendiri maupun bagi RSUD Kota Mataram
    sendiri. Pasien sangat terbantu dengan adanya inovasi ini, dimana mereka dapat menyesuaikan waktunya untuk
    berobat ke rumah sakit (karena sudah mendapatkan kepastian waktu akan dilayani keesokan harinya) tanpa harus
    antri, berdesak-desakan dengan sesama pasien lainnya serta tanpa diribetkan dengan hal-hal yang bersifat
    administratif seperti surat kontrol, surat rujukan, SEP (Surat Eligibiltas Peserta) dan lain-lain. Respon time pelayanan
    berubah dari 3-4 jam menjadi maksimal 1 jam. Adapun dari perspektif rumah sakit, terjadi efektivitas kerja (rekam
    medik pasien dapat disiapkan sehari sebelumnya sehingga pada pagi hari tinggal disebar ke semua poliklinik) dan
    efisiensi tenaga (terjadi efisiensi petugas loket dari 8 orang menjadi 5 orang) serta estetika parkir yang lebih teratur.

Leave a Reply