PENGEMBANGAN MEDIA APIK

PENGEMBANGAN MEDIA APIK

Media Apik ini merupakan media pembelajaran berbasis aplikasi interaktif yang mengikuti proses permainan
Frisbee. Frisbee adalah permainan olah raga pantai. Menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak
membosankan siswa merupakan ide dasarnya, disamping pada saat itu untuk mempercepat menghilangkan rasa
trauma siswa terhadap gempa yang melanda pulau Lombok. Membuat media Frisbee dapat meningkatkan
keterampilan siswa, disamping itu pembelajan ini berpusat pada siswa (student center).
Proses pembelajaran ini dapat meningkatkan karakter siswa terutama kerjasama (gotong royong), mandiri, dan
integritas. Hal ini dapat terlihat pada saat siswa membuat media, melakukan permainan, dan saat dilaksanakan
ulangan harian.
Untuk menunjang pembelajaran yang berbasis teknologi maka guru mengembangkan media aplikasi yang dapat
mengurangi penggunaan kertas dan membelajarkan siswa dalam memanfaatkan penggunaan android, sehingga
mengurangi ketergantungan siswa dalam bermain game, ini menjadi salah satu tugas guru mengarahkan siswa
dalam penggunaan android.
Media ini berbasis aplikasi web tol yang menghubungkan antara guru dan siswa. Media APIK merupakan
kepanjangan dari Aplikasi Pembelajaran interaktif PPKn. Dimana terdapat 3 menu yang dikembangkan,yaitu;
Petunjuk, Belajar, dan Kuis. Pada aplikasi ini siswa sudah memperoleh materi yang sudah dipersiapkan oleh guru
yang terdapat pada menu belajar.
Kegiatan ini terangkum menjadi lima tahap; (1) Siswa membuat media frisbee masing-masing kelompok, dengan
bahan-bahan sebagai berikut ; kardus bekas, karton manila, kertas origami, lem, gunting, cutter, jangka, dan
penggaris, (2) lalu siswa menjawab pertanyaan pada aplikasi dimana pertanyaan tersebut ditulis kembali pada
media Frisbee yang sudah dibuat oleh siswa, (3)Bahan ajar diberikan untuk menjawab permasalahan yang diberikan
oleh guru melalui aplikasi,dimanaterdapat pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa dan terkoneksi pada e-mail
guru; (4) Bermain dengan metode Cooperative Review dengan menjawab pertanyaan dari kelompok yang satu ke
kelompok lain, dimana yang memperoleh lemparan frisbee akan menjawab pertanyaan yang diinginkan oleh
kelompok yang melempar Frisbee.Selanjutnya guru mengklarifikasi pertanyaan dan jawaban siswa serta bersama
sama menyimpulkan pada poin soal mana yang dianggap masih perlu diperbaiki dan dipelajari lagi, (5) Evaluasi;
Untuk mengetahui kemampuan siswa, siswa menjawab soal pada menu kuis yang terkoneksi langsung pada e-mail
guru. Pengembangan media game Frisbee ini didisain dengan menggunakan software articulate storyline 3 dan
Ispring. Dan bisa diakses pada http://bit.ly/fribee-me.

Leave a Reply