ASIK SKL (APLIKASI CETAK SURAT KETERANGAN LULUS)

Aplikasi Cetak Surat Keterangan Lulus (Asik SKL) merupakan aplikasi berbasis microsoft excel yang dikembangkan dengan untuk memudahkan guru dalam mengolah rekap nilai rapor dan mencetak SKL.

Beberapa permaslahan sebelum dilaksanakan inovasi Asik SKL di sekolah, antara lain:

  1. Rekap niali rapor yang masih dikerjakan dengan cara manual.
  2. Pembuatan SKL dilaksanakan satu persatu.
  3. Pelaksanaan rekap nilai bagi siswa kelas VI memakan waktu yang lama.

Pelaksanaan Asik SKL pertama kali di Instansi Dinas Pendidikan Kota Mataram tepatnya di SDN 23 Mataram. Mengacu pada pelaksanaan inovasi di SDN 23 Mataram yang memudahkan guru dalam pengolahan nilai dan pembuatan SKL, membuat sekolah-sekolah lain ikut mengaplikasikan inovasi Asik SKL. Sekolah-sekolah tersebut tidak hanya berasal dari Kota Mataram, melainkan dari daerah di luar mataram seperti Kabupaten Lombok Barat, Lombok Timur, dan Sumbawa.

Asik SKL memiliki tampilan interface yang sederhana sehingga mudah digunakan oleh guru-guru di sekolah. Terdapat beberapa menu pada Asik SKL antara lain Data Umum, Data Siswa, Input Nilai, Rekap Nilai, Cetak, dan Info. Sistem otomasi yang ditawarkan oleh Asik SKL mulai dari input data sekolah, data siswa, dan input nilai sehingga langsung menjadi bentuk rekap nilai dan SKL yang siap di cetak. Pada Asik SKL juga terdapat icon-icon yang memudahkan guru dalam penggunaan aplikasi ini, seperti menu Home, Back, dan tombol Print yang bisa di klik untuk langsung mencetak SKL. Hal tersebut digunakan untuk memudahkan guru sehingga dapat memangkas waktu pengerjaan rekap nilai dan pembuatan SKL di sekolah.

Berkaca dari hal tersebut, pelaksanaan inovasi Asik SKL sangat penting di terapkan di sekolah. Kemudahan yang diberikan Asik SKL membuat aplikasi ini mendapatkan penilaian yang baik dari para pengguna dan disarankan untuk terus dikembangkan. Sehingga nantinya lebih banyak sekolah yang dapat merasakan manfaat dari inovasi Asik SKL.

Pelaksanaan inovasi Asik SKL dapat dimulai oleh sekolah lain dengan cara mendownload aplikasi, panduan dan tutorial Asik SKL. Tahapan berikutnya sekolah tinggal menggunakan Asik SKL yang akan terbuka melalui Microsoft Excel. Jika dalam penggunaan Asik SKL pengguna mengalami masalah, pengguna dapat menghubungi nomor kontak yang disediakan.

Petunjuk Teknis Inovasi Daerah ASIK SKL silahkan klik disini

Leave a Reply