PIJAR! MATARAM (PERLUASAN INFORMASI DAN JARINGAN LAPOR! MATARAM)

Berdasarkan Data pengaduan pada sistem aplikasi Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) Kota Mataram Tahun 2017 terdapat pengaduan terkait pelayanan publik di salah satu puskesmas Kota Mataram, butuh waktu lama mulai dari pengaduan masuk sampai memberikan respon terhadap pengaduan tersebut. Hal tersebut terjadi sebelum penggunaan domain pemerintah daerah (https://mataram.lapor.go.id) dan prefix (LAPORMATARAM) karena panjangnya alur tindaklanjut mulai dari admin LAPOR Nasional sampai koordinasi internal unit Satuan Kerja pada Pemerintah Kota Mataram (Puskesmas) yang bertugas menangani dan menindaklanjuti pengaduan tersebut. Inilah permasalahan yang melatarbelakangi lahirnya inovasi ini.

Menurut Meutia Ganie-Rochman dalam satu artikelnya berjudul “Mempercepat Reformasi Birokrasi Lewat Aplikasi Layanan Publik” LAPOR adalah suatu skema yang bisa dikembangkan dengan berbagai inovasi lokal. Di Kota Mataram inovasi lokal yang dikembangkan adalah penggunaan domain dan prefix pemerintah daerah yang bertujuan untuk memperpendek alur penyelesaian pengaduan.

Alur Pengaduan Sebelum Inovasi:

1.   Masyarakat melakukan pengaduan melalui kanal yang sudah disediakan yaitu website, SMS maupun Mobile Apps.

2.   Pengaduan diterima oleh admin LAPOR Nasional.

3.   Pengaduan diteruskan oleh admin LAPOR Nasional ke admin koordinasi LAPOR! Kota Mataram.

4.   Admin Koordinasi LAPOR Pemerintah Daerah Kota Mataram meneruskan ke Dinas teknis yang membidangi terkait laporan yang diadukan

5.   Dinas teknis meneruskan pengaduan ke Unit Satuan Kerja (contoh Puskesmas).

6.   Unit Satuan Kerja (Puskesmas) melakukan respon awal dan melakukan koordinasi internal untuk penyelesaian tindaklanjut laporan pengaduan.

Dari skema di atas, tampak bahwa inovasi LAPOR! Mataram dapat memperpendek alur penyelesaian pengaduan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa pokok-pokok perubahan yang ingin diselesaikan melalui inovasi ini antara lain :

1.   Memperpendek proses alur pengaduan masyarakat

2.   Memperpendek waktu respon dan tindak lanjut pengaduan

Dengan semakin singkat waktu yang dibutuhkan dalam penyelesaian pengaduan diharapkan kepuasaan dan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagai penyedia pelayanan publik, Tujuan akhir dari inovasi ini tentunya meningkatkan kualitas pelayanan public sebagaiman slogan LAPOR!: Berani Lapor untuk Pelayanan yang Lebih Baik.

Leave a Reply