BUDIDAYA ANGGREK BULAN DORITIS MEDIA TANAM SERABUT KELAPA DAN BATU BATA

Anggrek bulan doritis pulcherima memiliki arti “sangat cantik“. Diambil dari kata pulcher. Lama mekar anggrek bulan ini sekitar lebih kurang 3 bulan sehingga kami selaku inovator merasa pantas untuk membudidayakannya. Ciri khas dari anggrek bulan doritis adalah Lips nya yang berbentuk lembing yang merupakan asal kata “ DORI” ( merupakan panggilan kesayangan para pecinta aggrek ) dan terlihat seperti sekop . Daun bunganya terdapat semburat keunguan, apalagi bila mendapatkan sinar matahari yang banyak. Pada sisi bawah daun, warna semburat tersebut terlihat lebih jelas yaitu ungu pekat, ukuran dari anggrek doritis pulcherima lebih kecil dibandingkan dengan anggrek bulan jenis yang lainnya.

Budidaya Anggrek belum berkembang secara luas dan memadai, hanya satu rumpun yang biasanya ditanam di media batok kelapa atau pot dari tanah yang digantung di pohon mangga yang hanya menjadi sebatas tanaman hias di rumah. Karena alasan tersebut maka digagaslah Budidaya Anggrek Bulan Doritis sebagai upaya kami dalam memanfaatkan waktu dimasa pandemi covid 19. Budidaya Anggrek Bulan Doritis juga menjadi upaya untuk meningkatkan nilai ekonomi dari hasil budidaya anggrek. Kegiatan budidaya juga sekaligus menjadi cara merefleksikan diri yaitu dengan budaya bercocok tanam.

Upaya untuk mereflesikan diri dengan budaya bercocok tanam dapat dilakukan untuk memanfaatkan waktu terutama dalam masa pandemi covid 19 ini. Oleh sebab itu fenomena budidaya tanaman hias membuming dimasa saat ini. Sebagai sarana relaksasi diri dan mengisi waktu luang dan kesempatan selama berada dirumah . Anggrek bulan doritis menjadi anggrek pilihan utama untuk budidaya karena mudah dibudidayakan dan mudah untuk didapatkan.

Tahapan Budidaya Anggrek Bulan Doritis dapat dilaksanakan dengan cara:

1. Siapkan serabut kelapa dan batu bata

2. Siapkan anggrek dewasa yang sudah dipiasahkan dari induknya

3. Ambil serabut kelapa lalu tempelkan anggrek dewasa yang sudah di pisahkan tadi pada serabut kelapa

4. Siram anggrek perlahan menggunakan semprotan atau gayung tapi dengan perlahan lahan.

5. Tempatkan di tempat yang teduh dan dijauhkan dari sinar matahari

Gagasan Budidaya Anggrek yang merupakan salah satu tanaman hortikulutura dilatarbelakangi dari tujuan Pengembangan Hortikultura yaitu: meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu hasil pertanian, Mengembangkan keanekaragaman usaha pertanian yang menjamin kelestarian fungsi dan manfaat lahan, Menciptakan lapangan kerja, meningkatkan efektifitas dan efisiensi pelayanan, meningkatkan kesempatan berusaha dan meningkatkan pendapatan masyarakat dan Negara. Meningkatkan kesejahteraan, kualitas hidup, kapasitas ekonomi dan sosial masyarakat petani, dan meningkatkan ikatan komunitas masyarakat disekitar kawasan yang memiliki tanggung jawab untuk menjaga kelestarian dan keamanannya.

Dengan adanya inovasi budidaya anggrek ini selain bisa menjadi tempat memanfaatkan waktu selama masa pandemi juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dari hasil penjualan anggrek.

Leave a Reply