PEMBAYARAN RETRIBUSI PARKIR NON TUNAI BERBASIS QRIS

Permasalahan parkir menjadi salah satu isu utama di banyak kota di Indonesia. Begitupun di Kota Mataram, mengalami kondisi yang tidak jauh berbeda terkait dengan pengelolaan parkirnya. Persoalan yang terjadi tidak hanya masalah parkir dari sisi lalu lintas, tetapi utamanya adalah persoalan manajemen dan tata kelola parkir dari sisi pendapatan daerah.

Realisasi Pendapatan dari retribusi parkir tidak berjalan dengan optimal. Dalam tiga tahun terakhir, capaiannya bahkan tidak pernah mencapai 40%. Akibatnya persoalan parkir selalu menjadi utang kinerja pemerintah yang selalu mejadi sorotan utama masyarakat maupun secara politis.

Masyarakat banyak mengeluh tentang pelayanan perparkiran. Mayoritas keluhan adalah juru parkir yang tidak memberikan karcis dan seragam resmi, juru parkir tidak memberikan uang kembalian, dan juru parkir menarik biaya diatas tarif resmi.

Selain persoalan diatas, penyimpangan administrasi masih meniadi pekerjaan rumah yang tidak kunjung dapat terselesaikan. Amanat Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Parkir dan Peraturan Walikota Mataram Nomor 9 tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Mataram Nomor 7 Tahun 2015 untuk melakukan sistem penarikan pendapatan sistem bruto tidak dapat dilaksanakan.

Berbagai langkah telah ditempuh oleh Dinas perhubungan sebagai perangkat daerah penanggung jawab pengelolaan parkir. Akan tetapi persoalan klasik yaitu masalah anggaran, personil dan peralatan menjadi hambatan terbesar dalam mengeksekusi perubahan. Kondisi tersebut diperburuk dengan pandemi COVID-19 yang menyebabkan kemampuan pembiayan daerah menjadi sangat terbatas.

Dalam mengatasi persoalan tersebut diperlukan upaya-upaya luar biasa dalam pengelolaan retribusi parkir. Upaya yang tidak hanya efektif tetapi mampu diwujudkan dengan efisien serta memperhatikan kemampuan investasi daerah yang terbatas.

Permasalahan utama sebelum dilakukannya inovasi adalah realisasi retribusi parkir tidak pernah mencapai target sementara target pendapatan mengalami kenaikan yang signifi

Leave a Reply