MELE TANAM (MENYULAP LIMBAH CAIR TAHU MENJADI NUTRISI TANAMAN)

Inovasi MELE TANAM adalah inovasi yang memberdayakan masyarakat untuk mengolah Limbah Cair Tahu menjadi POC sebagai Nutrisi Tanaman. Limbah Cair Tahu seringkali menjadi limbah yang terbuang di saluran irigasi dan aliran sungai sehingga menimbulkan terjadinya pencemaran lingkungan terutama merusak kelangsungan hidup ekosistem di perairan dan mengganggu pernafasan akibat bau busuk yang di timbulkan dari limbah cair tahu. Strategi memecahkan masalah tersebut adalah dengan mengolah Limbah Cair Tahu menjadi POC sebagai Nutrisi Tanaman.

Mele Tanam artinya Mau Menanam yaitu berusaha untuk mengajak masyarakat terutama ibu-ibu rumah tangga dalam bentuk pemberdayaan melalui kelembagaan kelompok untuk mengolah limbah cair tahu menjadi POC dengan memanfaatkan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan gizi keluarganya terlebih di masa pandemi covid 19 ini , tentunya hal ini menimbulkan dampak pada kemampuan masyarakat dalam menyediakan, menjangkau dan memanfaatkan bahan pangan bagi keluarganya, karenanya masyarakat di tuntut untuk lebih proaktif memanfaatkan lahan pekarangannya dengan Inovasi MELE TANAM yang artinya Mau Menanam untuk dapat menyediakan dan mencegah terjadinya kerawanan pangan.

LOKASI Inovasi MELE TANAM adalah di kelompok Pekarangan Pangan Lestari (P2L) Bunga Matahari dan Sopoq Angen

Referensi dari jurnal atau inovasi sejenis di tempat lain, proses pembuatan POC biasanya menggunakan bahan Limbah cair tahu, Air Kelapa , EM4 dan Gula Merah. dengan perbandingan limbah cair tahu dengan air kelapa adalah 3 : 2

KEBAHARUAN DARI INOVASI MELE TANAM adalah dengan ditambahkan Ekstrak daun Gamal (Gliricdia sepium) dan Ekstrak daun Turi (Sesbania grandiflora) yang memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga dapat menambah unsur N yang di butuhkan tanaman.

Pentingnya INOVASI MELE TANAM ini adalah

  1. Menekan volume pembuangan limbah ke saluran irigasi dan aliran sungai
  2. Mengurangi pencemaran lingkungan.
  3. Memilki nilai Ekonomis yang tinggi daripada bahan asalnya.
  4. Memberdayakan Kelompok Ibu ibu rumah tangga untuk memanfaatkan lahan pekarangannya
  5. Memberdayakan kelompok untuk dapat menyedaiakan dan memenuhi kebutuhan pangan – gizi bagi keluarga terlebuh di masa Pandemi Covid 19.

Dengan Inovasi MELE TANAM secara tidak langsung mendukung mendukung program Dinas Ketahanan Pangan dan penyelesaian masalah limbah sesuai dengan PERDA NO 1 Tahun 2019

Leave a Reply