SPRINT 23 (SPREADSHEET INPUT NILAI TERINTEGRASI 23)

Dalam proses pendidikan tidak jarang membutuhkan beberapa proses yang harus diulang beberapa kali sehingga pelayanan menjadi tidak optimal, terutama pada tahap evaluasi/penilaian hasil belajar. Hal ini terjadi karena guru masih menginput data secara manual dengan media input yang terlalu menyita waktu, seperti waktu yang di butuhkan untuk mengoreksi hasil ulangan semester sampai dengan rapor siap cetak rata-rata 7-14 hari, dimulai dari wali kelas menerima nilai dalam bentuk leger nilai cetak atau print yang kemudian harus melakukan penginputan nilai kembali dalam excel atau menuliskannya secara manual pada rapor sampai yang terakhir rapor pun masih dibagikan secara manual, diitambah dengan minimnya pengawasan dalam penginputan nilai tersebut. Dalam upaya mengatasi permasalahan mengenai proses input nilai tersebut, dibuatlah inovasi bentuk input nilai yang dapat dikerjakan kapan saja, dimana saja, mudah digunakan, dan dapat terkontrol. Dimulai dengan membuat legger pada aplikasi excel yang kemudian di kembangkan menggunakan google spreadsheet untuk memudahkan akses dan mengurangi waktu penyelesaian nilai. Setelah proses pembuatan aplikasi SPRINT 23 selesai dan di jalankan menunjukan beberapa masalah input nilai yang dapat di selesaikan dengan adanya SPRINT 23. Adapun beberapa pemecahan tersebut adalah sebagai berikut :

1.   Guru dapat melakukan input nilai kapan saja dan dimana saja baik menggunakan laptop, komputer atau telpon genggam melalui link Spreadsheet yang di bagikan.

2.   Pelaksanaan dapat dikontrol oleh urusan kurikulum, kepala sekolah, dan pengawas secara berkala melalui link akun spreadsheet sekolah

3.   Pekerjaan wali kelas hanya mengecek input nilai, mengkonfirmasi kepada guru mata pelajaran jika ada kekurangan, mencetak rapor, dan membagikan kepada siswa.

4.   Waktu penyelesaian antara 3-7 hari

5.   Rapor dan nilai dapat di bagikan melalui daring kepada siswa dan wali murid melalui whatsapp grup oleh wali kelas.

Dengan pemecahan masalah ini di harapkan kedepannya SPRINT 23 dapat menciptakan pola input nilai yang mudah dikerjakan oleh guru mata pelajaran dan wali kelas, dapat dikontrol secara berkala oleh urusan kurikulum, kepala sekolah, dan pengawas, dan dapat diakses oleh siswa serta wali murid kapan saja dan dimana saja.

Leave a Reply