APLIKASI INGES (INFORMASI DALAM GENGGAMAN MASYARAKAT)

Pelayanan Publik yang diselenggarakan Pemerintah Khususnya Pelayanan Publik di Kelurahan sering dianggap sebagai penghambat oleh masyarakat, hal ini terjadi karena birokrasi yang berbelit dan dirasa terlalu menyulitkan masyarakat, tidak sedikit juga yang menggunakan “uang pelicin” agar memperoleh pelayanan yang cepat. Hal yang berlangsung cukup lama sehingga Pemerintah Pusat perlahan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang cepat dan mudah serta meminta kepada Pemerintah Daerah untuk melakukan hal yang sama.

Layanan administrasi di Kelurahan kerap kali dikeluhkan karena tidak adanya standar prosedur pelayanan sehingga mengesankan aparatur pelayan publik sekehendak hati dalam memberikan pelayanan. Melihat kondisi realitas di tengah masyarakat yang kerap kali mengeluhkan pelayanan kelurahan yang tidak maksimal, minimnya kemampuan dan pemahaman aparatur kelurahan tentang tata laksana surat, kemampuan literasi teknologi yang minim menyebabkan keluhan semakin meningkat dari hari ke hari. Melihat realitas tersebut, kami menggagas satu aplikasi yang bebasis web guna memberikan kemudahan dalam akses layanan administrasi tanpa kendala yang berarti. Masyarakat dapat mengakses layanan melalui perangkat telfon pintar yang ada dalam genggaman.

Aplikasi INGES (informasi dan pelayanan dalam genggaman masyarakat) ini digagas berawal dari permasalahan tersebut. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat dengan leluasa memilih jenis layanan yang dibutuhkan tanpa harus terkendala birokrasi yang berbelit. Di samping itu pula masyarakat dapat memiliki kepastian dalam hal memperoleh layanan administrasi. Masyarakat dapat mengajukan permohonan layanan hanya dengan mengisi form yang sudah ditentukan. Aplikasi ini juga menyediakan beragam informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat tanpa harus datang ke Kantor Lurah berlama-lama.

Tahapan pelaksanaan inovasi ini antara lain:

1. Sosialisasi kepada pengguna dalam hal ini masyarakat

2. Melakukan edukasi atau pelatihan kepada kader dan kelompok masyarakat

3. implemetasi layanan Aplikasi Inges kepada masyarakat

4. Evaluasi aplikasi berupa feedback sebagai bahan perbaikan aplikasi kedepannya

Penerapan inovasi ini sangat disambut baik oleh masyarakat. Berdasarkan survey yang dilakukan lebih dari 90% setuju dan sangat setuju aplikasi ini diterapkan untuk meningkatkan layanan di pemerintahan, terutama di keluarahan. Inovasi Aplikasi INGES ini dapat di replikasi oleh pemerintah atau keluarahan lain dengan mengikuti SOP dan panduan yang telah dibuat.

Leave a Reply