LO GWA LASKAR MALOMBA (LAYANAN OTOMATIS MENGGUNAKAN WHATSAPP LASKAR MALOMBA)

Sekolah sebagai mitra orang tua dalam pendidikan anak membutuhkan kerja sama aktif dengan orang tua murid. Oleh karena itu keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak di sekolah merupakan kerja sama jangka panjang.

Manfaat keterlibatan orangtua di sekolah anak di antaranya dapat meningkatkan semangat anak dalam belajar, karena mereka menyadari orangtuanya selalu ada untuk mereka. Anak juga merasa bangga melihat orangtuanya aktif di sekolah, dan mereka akan merasa nyaman. Hal ini akan berdampak positif pada perkembangan berbagai kemampuannya. Tentunya hal ini akan membantu guru dan memperlancar kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Orang tua dan guru harus bekerjasama dalam rangka memaksimalkan potensi setiap peserta didik dan mengatasi kendala yang dihadapi. Setiap orang tua juga harus selalu berkomunikasi dengan guru dalam rangka mengawasi setiap perkembangan anak mereka. Walaupun demikian pentingnyua kerjasama orangtua dengan guru, namun banyak orang tua yang tidak memiliki waktu luang datang ke sekolah dalam rangka melihat secara langsung proses pembelajaran ataupun keterlibatan anak dalam kelas. Apalagi para orang tua yang memiliki notaben pegawai kantoran, wirausaha, TNI ataupun Polri yang sangat jarang memiliki waktu luang.

Di SD Negri 1 Ampenan sekitar 32,7 persen orang tua bernotaben PNS/TNI/Polri, 36,3 persen dengan notaben pekerja kantor swasta, 26 persen wira usaha dan sisanya 15 persen sebagai pegawai lepas. ini semua menjadikan orang tua sangat jarang berkomunikasi dengan pihak sekolah maupun guru. Dengan taraf kesibukan mereka yang padat, perkembangan anak-anak merekapun terkadang tidak dibarengi dengan pendampingan secara maksimal, akibatnya banyak anak-anak yang mengalami penurunan prestasi, kurangnya minat belajar, bahkan sampai ada yang sering tidak masuk karena takut ulangan dan ini semua tidak diketahui orang tua. Jika masalah ini dibiarkan, beberapa tahun kedepan akan berdampak pada penurunan mutu sekolah.

Seriusnya masalah ini menjadikan kami mencoba trobosan baru untuk memudahkan orang tua mendapat informasi perkembangan anak mereka melalui LO GWA Laskar Malomba. LO GWA Laskar Malomba merupakan singkatan dari Layanan Otomatis Menggunakan WhatsApp Laskar Malomba. Maraknya penggunaan WA ditengah masyarakat membuat terobosan ini sangat berpeluang besar dapat mengatasi masalah di SDN 1 Ampenan.

Leave a Reply