MOBA GAMES UNTUK LITERASI GERAK

A. Rancang Bangun

Pendidikan di indonesia menurut Pasal 1 UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional di berikan melalui dua jalur yaitu pendidikan formal dan non formal. Sekolah merupakan jalur pendidikan formal yang terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, dan SMK. Dalam proses pelayanan pendidikan sebagai pendidik layaknya melaksanakan 3 tahap pembelajaran yaitu tahap perencanaan (merancang perencanaan dan perangkat pembelajaran), pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran (penilaian hasil belajar siswa mengenai sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan).

Berdasarkan observasi yang dilakukan peneliti di SMPN 23 Mataram diperoleh informasi bahwa kurangnya kemampuan siswa pada proses pembelajaran literasi gerak Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Dalam dunia milenial saat ini anak-anak lebih dekat dengan teknologi. Kebiasaan siswa milenial saat ini adalah memainkan games online. Dalam rangka meningkatkan kondisi tersebut, maka modifikasi metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan sistem permainan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) diharapkan akan menyelesaikan Masalah. Metode Team Games Tournament (TGT) sendiri adalah menurut Rusman pada Mugas (2014) menjelaskan bahawa Team Games Tournament (TGT) adalah salah satu tipe pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar yang beranggotakan 5-6 siswa yang memiliki kemampuan, jenis kelamin, dan suku atau ras yang berbeda. Sedangkan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) adalah permainan yang Arena pertarungan daring multipemain yang dapat diadopsi kedalam Team Games Tournament (TGT) untuk membuat anak lebih antusias dan mudah memahami. Berangkat dari latar belakang masalah ini, penulis melakukan inovasi dengan melakukan modifikasi Metode pembelajaran MOBA (Multiplayer spOrt Battle Arena) Games dengan tema MOBA Games untuk Literasi Gerak

B. Pokok-pokok Perubahan

Perkembangan proses pembelajaran setelah adanya MOBA Games Untuk Literasi Gerak sangat terasa hal ini dapat di tunjukan dengan matriks berikut :

Matriks perkembangan dilaksanakannya MOBA GAMES UNTUK LITERASI GERAK

Dalam hal tingkat kepuasan dapat dikategorikan baik dengan hasil bertanya dengan beberapa guru apakah dengan MOBA Games Untuk Literasi Gerak ini dapat membantu proses Input nilai?. Jawaban rata-rata yang diperoleh adalah dengan adanya MOBA Games Untuk Literasi Gerak ini dapat membantu proses input nilai menjadi lebih fleksibel dan mudah. Namun meskipun begitu dalam pelaksanaan kedepannya masih diperlukan banyak perbaikan.

Leave a Reply