PCG (PAIRWORK CARD GAME) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

PCG adalah sejenis permainan kartu yang dirancang untuk pembelajaran Bahasa Inggris di dalam kelas. Kartu dalam konteks ini terdiri dari dua jenis, yaitu Kartu Identitas Diri (KID), dan Kartu Idola Siswa (KIS).

Beberapa permasalahan sebelum inovasi PCG dilaksanakan di sekolah, antara lain:

1. Kurangnya model pembelajaran PAIKEM (Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan) di sekolah

2. Pembelajaran kurang di sekolah monoton dan kurang variasi

3. Kurangnya interaksi antar siswa dan guru dalam pembelajaran

4. Keterngantungan siswa pada kamus manual

Inovasi PCG dilaksanakan di SMPN 7 Mataram. Kegiatan di mulai dengan pembuatan kartu identitas diri (KID) oleh siswa. Selanjutnya siswa menyiapkan pertanyaan-pertanyaan dan kartu jawaban (KJ). Pertanyaan kemudian ditempel pada kertas seukuran kartu domino. Kartu dimainkan dengan tahapan, kartu di kocok kemudian dipilih oleh teman sebangku. Setelah kartu dibuka, kemudian siswa saling tanya jawab dengan teman sebangku.Pada hari berikutnya siswa menyiapkan kartu dialog kemudian dipraktekkan pada hari selanjutnya. Tahapan terakhir setelah memainkan KID siswa memainkan kartu idola siswa (KIS) dan dilaksanakan evaluasi oleh guru.

Respon siswa sangat baik dalam penerapan PCG di kelas. Presentase siswa menyukai pembelajaran Bahasa Inggris dengan memanfaatkan PCG adalah 92%, meningkat dari yang sebelumnya. Hal lain yang tampak adalah 87% siswa senang berdiskusi di dalam kelas dengan temannya, sehingga pembelajaran menjadi aktif dan menarik. Terakhir secara keseluruhan 90% siswa senang dengan penerapan PCG.

Berkaca dari hal tersebut, pelaksanaan inovasi PCG sangat penting di terapkan di sekolah. Inovasi PCG mampu menarik minat siswa dalam belajar didalam kelas dengan metode game dan diskusi. Inovasi PCG mendapatkan respon yang sangat baik dari siswa sehingga sangat layak untuk terus dikembangkan. Dengan harapan nantinya lebih banyak siswa yang dapat merasakan manfaat dari inovasi PCG.

Pelaksanaan inovasi PCG dapat direplikasi pleh guru atau sekolah lain dengan cara memahami setiap tahapan pelaksanaanya. Guru atau sekolah lain juga dapat mengikuti panduan implementasi PCG. Tahapan berikutnya guru atau sekolah tinggal mengkreasikan penerapan PCG pada pelajaran yang diinginkan.

Leave a Reply