KAMPUNG SORGHUM

GAMBARAN INOVASI

Sebelum adanya inovasi daerah kampung shorgum, produksi petani shorgum relative masih kecil, selain itu innovator juga sudah mulai melakukan sistem konsinyasi. Masyarakat belum begitu mengenal bagaimana potensi dan manfaat sorghum. Padahal tanaman ini merupakan tanaman yang sudah populer dizaman nenek moyang dulu. Permasalahan lainnya adalah belum adanya peralatan untuk memproduksi dalam kapasitas besar dan harga Sorghum masih fluktuatif.

BENTUK INNOVATION

Kami terus melakukan inovasi berupa membuat produk turunan dengan mengkombinasikan unsur-unsur estetika didalam setiap produk yang dibuat dan memberikan sentuhan story line terhadap produk sorghum. Kami juga berinovasi dari segi pemasaran untuk bekerjasama dengan pemda, tour travel, hotel restoran cafe dan market place yang dimana sekarang sudah zamannya serba digital

SASARAN INNOVATION

 Sasaran utama inovasi ini adalah tentunya para petani sorghum yang ada di Kelurahan Dayan Peken Kota Mataram Provinsi Nusa tenggara Barat. Pada saat ini jumlah masyarakat Nusa Tenggara Barat khususnya Kota Mataram yang terkena dampak positif dari sorghum semakin bertambah jumlahnya dan kami berharap sorghum dapat menjadi idola baru dan sebagai mata pencaharian masyarakat Lombok yang sedang terkena dampak covid 19 untuk bisa produktif dan bangkit dari keterpurukan pandemic.

KEBERLANJUTAN & RENCANA INNOVATION

Inovasi kampung Sorghum berwawasan edukasi, tourism dan produksi berupa industri olahan sehingga akan banyak masyarakat yang terlibat dan mampu mengurangi angka kemiskinan, pengangguran dan menjadikan kampung sorghum sebagai desa percontohan baik daerah, maupun ditingkat nasional.

Selain itu kami telah melakukan riset dan pengembangan produk-produk turunan sorghum seperti beras sorghum, tepung sorghum, gula cair batang sorghum, cookies sorghum, edible tableweare sorghum, roll sorghum, puff sorghum dan yang instan atau cepat saji agar bisa dirasakan oleh seluruh consumer baik local maupun domesitik yang notabenenya saat ini mereka lebih senang dan praktis. Dan kami juga sudah melakukan penetrasi pasar kepada pemda, mall, hotel, retoran, kafe, dan food startup yang dapat kami terapkan baik sistem konsinyasi maupun beli-putus sebagai langkah perluasan pasar

Leave a Reply